Minggu, 02 Januari 2011

Mencari arti/Perbaiki nama?

Bagaimana sejarah namaku?

Begini ceritanya.
Ayahku memiliki seorang sahabat yang berprofesi sebagai dokter. Persahabatan mereka membuatku iri, ingin rasanya menjalin sahabat seperti mereka. Ribuan hari mereka lalui bersama. Suka dan duka. Saling berbagi dan tolong menolong.
Keluargaku banyak dibantu oleh sahabat ayahku ini. Aku anak ke 9 dari 9 bersaudara. Mungkin lebih tepatnya anak kesebelas dari 11 bersaudara (bontot). Dua kakakku meninggal, kakak yang pertama dan kakak ke- (sebentar dihitung dulu) oh kakak kedelapan.
Saat aku lahir, yang memberikan nama adalah sahabat ayahku.

NURTYAS WURI UTAMI

Itu namaku, hingga suatu hari sesuatu terjadi. Kelas 6 SD saat kami sedang sibuk-sibuknya mengurus berkas ini-itu untuk persiapan ijazah. Agar tak ada salah pengetikan nama, pihak sekolah meminta fotokopi akta kelahiran. Ternyata penulisan namaku di akta itu salah.

NURIYAS WURI UTAMI (huruf T berubah menjadi I) sampai saat ini aku belum menemukan arti dari NURIYAS. Ingin rasanya kuperbaiki ini semua, karena nama adalah sebuah do'a. Aku tak suka dengan mereka yang berkata apalah arti sebuah nama. kalau kita berpikir sebentar dan perhatikan orang tua yang sedang menanti kehadiran anaknya di bumi ini, sebenarnya mereka juga memikirkan hal lain yaitu "nama anak kita siapa ya?" Banyak orang yang baca buku ini dan itu, tanya orang-orang tentang arti nama, dan masih banyak lagi. Itu karena mereka ingin anaknya menjadi anak yang baik, dan harapan serta do'a mereka salah satunya ditunjukkan melalui pemberian nama.

Arti namaku :
NUR TYAS WURI UTAMI

Nama: Nur
Arti: Kesentausaan dan suka ilmu pengetahuan
Asal: Indonesia
Nama: Nur
Arti: Percikan, cahaya
Asal: Arab
Nama: Nur
Arti: Cahaya
Asal: Jawa
Nama: Nur
Arti: Cahaya
Asal: Indonesia

Nama: Tyas
Arti: Hati
Asal:Indonesia
Nama: Tyas
Arti: hati kalbu
Asal: Jawa

Nama: Wuri
Arti: yang dibelakang
Asal: Jawa

Nama: Utami
Arti: Sama
Asal: Jawa
Nama: Utami
Arti: Yang penting
Asal: Indonesia

Kalau menurut ayahku maksudnya adalah : Cahaya hati yang terakhir (anak terakhir) tapi yang utama/penting.
Terimakasih kepada keluargaku dan sahabat ayahku. Nama ini adalah kenangan yang aku punya dari beliau (Alm.)
http://www.melindahospital.com/modul/user/baby_name_tag_gender.php?id=Girl

0 komentar: